Mahasiswa Baru Kenali Jurusan Lewat Orientasi Keilmiahan dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK)

Posted on Posted in PSDM

DSC_9533

Tahun ajaran baru telah tiba dan mahasiswa baru tahun 2016 sudah datang. Serangkaian kegiatan mahasiswa baru seperti pelatihan spiritual, IPITS, dan Gerigi (Generasi Integralistik) 2016 sudah dilalui dan dilanjutkan pelatihan Orientasi Keilmiahan dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK). Seperti apa kegiatannya?

OKKBK yang digelar selama 4 hari pada 29 Agustus hingga 1 September 2016 merupakan kegiatan untuk mahasiswa baru sebagai bentuk pengenalan jurusan dan perkuliahan di jurusan. Berbeda dengan pelatihan spiritual, IPITS dan Gerigi, OKKBK merupakan pelatihan tingkat jurusan. Mahasiswa baru Diploma Statistika 2016 dikenalkan seputar jurusan statistika, HIMADATA, akademik, dan kepemimpinan. Tujuannya, agar mahasiswa baru dapat beradaptasi di lingkungan baru yaitu perkuliahan.

377433

Pelatihan ini diisi oleh pemateri baik dari dalam Jurusan Statistika maupun luar jurusan Statistika. Beberapa diantaranya merupakan dosen Statistika ITS yang menjelaskan tentang kurikulum, perkuliahan, labolatorium dan informasi prodi Diploma Statistika.

Tak hanya materi seputar jurusan, tetapi juga dijelaskan seputar kiat-kiat belajar efektif yang dibawakan oleh Fadhil, mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Statistika ITS tahun 2014/2015. Ia memaparkan bahwa terdapat tiga tipe belajar yaitu visual, audiotori, dan kinestetik. Tak hanya itu, ia juga memberikan saran bagaimana cara mengatur waktu antara belajar, berorganisasi dan lainnya.

S__28327939
Novangga Ilmawan (kanan) menerima vandel dari Lely Presti
DSC_9594
Materi Belajar Efektif oleh Fadhil (kanan)

Materi selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu tentang Hakikat Manusia yang dibawakan oleh Presiden BEM ITS 2016 yaitu Novangga Ilmawan. Hakikat Manusia merupakan penjelasan tentang tujuan hidup manusia, seperti menjadi orang yang baik dan suka menolong orang lain.

IMG_9576

Selain mater-materi di kelas, para mahasiswa baru juga disuguhkan dengan games yang melatih kekompakan dan kerjasama antar teman dan kelompok. Lalu kegiatan ditutup dengan inagurasi atau penampilan dari mahasiswa baru Statistika tahun 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *